Minggu, 04 Desember 2016

Menceritakan daur hidup hewan kupu-kupu

merupakan salah satu jenis serangga yang masuk dalam kerajaan Animalia dan divisinya Rhopalocera, filum Arthropoda, kelas insect dan berordo Lepidoptera. Meskipun termasuk dalam kelompok serangga namun kupu-kupu merupakan salah satu jenis serangga yang tidak berbahaya bagi kehidupan manusia
Gambar daur hidup kupu-kupu
daur hidup kupu-kupu
Kupu-kupu biasa ditemukan di daerah yang banyak tumbuhan karena kupu-kupu mencari makanan dari sari buah atau sari bunga. Kupu-kupu merupakan makhluk hidup yang memiliki bentuk ciri-ciri makhluk hidup yang indah dengan warna yang bewarna-warni, ukurannya bermacam-macam tergantung dari jenisnya. Salah satu hal yang paling mengagumkan dari kupu-kupu adalah proses transformasi atau metaformasenya yang sangat sempurna. bahkan perubahan bentuk kupu-kupu ini menjadi topik penelitian favorit oleh beberapa peneliti.
Nah, setelah kita mengetahui gambar daur hidup kupu-kupu, kita akan menjelaskan proses terbentuknya menjadi kupu-kupu sempurna satu persatu. Berikut adalah penjelasannya :

Telur

Pertama kali dalam sebuah proses metamorfosa akan diawali dengan dari bagian terkecil dan dalam hal ini mulai dari telur.
  1. Kupu-kupu betina biasanya akan meletakan telurnya di bagian bawah daun pada tumbuhan yang dia senangi karena dengan demikian induk kupu-kupu akan mudah mengawasi telurnya.
  2. Telur ditempelkan ke bagian daun dengan menggunakan semacam zat lem dan saat ini para peneliti belum mengetahui apakah yang menjadi bahan pembuat lem tersebut.
  3. Lem dari induk kupu-kupu sangat kuat bahkan lebih kuat dibandingkan dengan telur maupun dengan daunnya itu sendiri.
  4. Hal ini dilakukan supaya telur tetap aman dan tidak muda dimangsa oleh predator. Telur kupu-kupu juga dilengkapi dengan kulit keras yang akan membuat telur aman dari suhu panas dan dingin. Tahap ini berlangsung hingga beberapa minggu atau beberapa bulan.

Ulat

Fase ini merupakan fase yang mungkin paling tidak disukai oleh banyak orang karena setelah telur kupu-kupu menetas akan berubah menjadi larva atau ulat.
  1. Ulat memiliki ukuran dan warna yang berbeda-beda tergantung dari induknya. Ulat memiliki kegiatan utama dan mungkin bisa dibilang satu-satunya kegiatan yaitu makan.
  2. Makanan utama dari sebagian besar ulat adalah dedaunan hijau segar yang mengandung gizi dan nutrisi. Hal ini dikarenakan karena ulat akan mempersiapkan diri pada masa pengasingannya supaya tidak lapar dan haus.
  3. Ulat memiliki racun dan bentuk yang mengerikan hal ini berfungsi untuk melindungi dirinya dari para predator. Ulat memiliki 3 pasang kaki tetap yang berfungsi menahan dirinya.
  4. Ulat merupakan salah satu hewan yang paling ditakuti oleh banyak orang ini karena bentuknya dan efeknya jika terkena kulit.
  5. Jika kulit terkena ulat biasanya akan langsung gatal dan alergi karena adanya racun dari kulit dan bulu ulat. Selain itu ulat juga memiliki warna yang bermacam-macam namun biasanya menyeramkan seperti hitam, merah, orange, kuning, hijau dan coklat.
  6. Ulat juga bisa menggembungkan kepalanya supaya predator tidak memangsanya. Racun yang didapatkan juga bisa berasal dari tumbuhan beracun yang sengaja dia makan. Setelah ulat cukup besar hingga panjangnya 5 cm maka dia siap untuk melakukan perjalanan selajutnya yaitu dengan semedi menjadi pupa atau kepompong                                                                                        Sumber : http://dosenbiologi.com/hewan/daur-hidup-kupu-kupu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar