Minggu, 04 Desember 2016

• Menyebutkan dan menunjukkan sikap menyayangi binatang peliharaan melalui bercerita tentang hewan

Mengajarkan kasih sayang terhadap sesama seyogyanya tidak hanya difokuskan pada menyayangi antar sesama manusia.Sebab, di dunia ini ada juga makhluk lain seperti hewan dan tumbuhan yang juga perlu disayangi.Bagi keluarga yang memiliki binatang peliharan, cara mengajarkan anak tentang bagaimana menyayangi binatang bisa lebih mudah dilakukan.Orangtua juga bisa langsung memperlihatkan bagaimana cara memperlakukan dan memelihara binatang peliharaan.

"Anak kecil memiliki rasa ingin tahu yang cukup besar. Sehingga, orangtua harus rajin membimbing anak untuk mengenal watak dan karakter binatang jinak yang menjadi peliharaan di rumah,"kata Evy Rakryani, seorang Psikolog Anak. Saat anak tidak mendapatkan informasi yang cukup terkait bagaimana cara memperlakukan binatang, anak cenderung menggunakan cara mereka sendiri untuk berinteraksi dengan binatang peliharaan. Misalnya menarik ekor, menarik kuping, menjambak bulu, dan sebagainya.

Yang terjadi akhirnya, anak bisa mengalami kejadian yang tidak mengenakkan seperti kena cakar atau bahkan kena gigit. Jika sudah begitu, anak justru mengalami pengalaman buruk yang membuat mereka takut atau trauma pada binatang bersangkutan.

Selain itu, sikap lingkungan yang kurang mendukung juga bisa mendorong anak untuk bersikap antipati pada binatang. Sebut saja larangan orangtua untuk mendekati binatang dengan ancaman "awas digigit" atau "awas dicakar" serta awas-awas yang lainnya.

Kata "awas" yang menjadi warning akan menekan rasa ingin tahu anak yang akhirnya menimbulkan perasaan takut pada binatang yang sebenarnya tidak akan menyakiti bila tidak disakiti. Lantas, bagaimana seharusnya orangtua bersikap agar anak bisa lebih sayang pada binatang khususnya binatang peliharaan..??

1. Sebelum memelihara binatang, carilah informasi sebanyak banyaknya dan tambahlah pengetahuan kita sebagai orang orang tua tentang binatang yang akan dipelihara.

2. Orangtua harus mencontohkan bagaimana cara mengelus binatang secara benar. Misalnya kucing suka dielus bagian leher ataupun punggung. Dengan melihat contoh dari orangtuanya, anak akan lebih mudah memahami tentang bagaimana memperlakukan binatang.

3. Beri anak pemahaman cara memakaikan tali kekang pada binatang peliharaan, cara memperlakukan bintang atau anak juga harus memahami kapan saatnya binatang tidak ingin diganggu. Sebut saja saat hewan makan, saat tidur atau baru melahirkan. Bila anak mengganggu hewan yang sedang makan, hewan tersebut akan marah atau bahkan menggigit anak.

4. Kemampuan anak memahami apa yang disukai dan tidak disukai binatang peliharaan akan mengasah kepedulian anak pada sesama yang bisa memunculkan rasa empati. Selain itu anak juga akan memiliki rasa disiplin serta tanggung jawab yang tinggi.

5. Anak diberi pemahaman dan cara cara, untuk memberi makan hewan kesayangannya, membersihkan kandang atau bahkan kapan anak harus dan tau cara memandikan binatang peliharaannya. 6. Jangan melarang anak..!! namun beri pengertian dan wawasan pada anak tentang jenis binatang yang dipelihara, bagaimana cara memeliharanya, cara menghindar dari bahaya yang ditimbulkan jika binatang peliharaan mencakar, mengigit atau mematuk atau beri pemahaman pada anak apa saja yang boleh dan apa yang tidak boleh dilakukan saat dekat dengan binatang peliharaan.

Manfaat anak memiliki binatang peliharaan : 
1. Meningkatkan kasih sayang dan perhatian anak  terhadap sesama mahluk hidup. Anak-anak yang memelihara binatang/tanaman yang merupakan mahluk hidup yang perlu dirawat, memiliki perhatian dan kasih sayang yang tinggi terhadap sesama.

2. Meng-ekspose anak pada hal-hal yang berkaitan dengan ilmu biologi sejak dini. Dengan memelihara binatang peliharaan anak-anak tanpa disadari akan belajar mengenai biologi dasar dari mahluk hidup.

3. Meningkatkan rasa sosial dan tanggung jawab anak. Dengan keputusan memelihara binatang, maka anak bisa kita didik untuk bertanggungjawab dengan baik, memberi makan dan minum serta membersihkan kandang serta mengajak binatang peliharaannya bermain. Bila tanggungjawabnya kurang, tentu binatang kesayangannya akan tidak bisa hidup sehat seperti selayaknya.

Bermula dari rasa menyayangi, rasa peduli dan rasa tanggung jawab terhadap binatang, maka anak akan mendapatkan pelajaran berharga untuk kehidupannya kelak. Sebab apapun yang diciptakan Tuhan di bumi ini pasti ada manfaatnya dan sudah seharusnya kita sayangi dan memiliki rasa peduli.


Sumber https://id-id.facebook.com/notes/kf-bumi-alam-semesta/ajari-anak-cara-menyayangi-binatang/172786702786642/:

4 komentar:

  1. postingannya bagus tetapi akan lebih bagus kalau ada gambar

    BalasHapus
  2. materi anda sangat bagus dan menarik, semoga bermanfaat yaa kia .
    kunjungi blog saya http://susinov.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum
    Materinya sangat menarik. Saran dari saya perbanyakkan materinya dan dilampirkan dengan gambar. Agar pembaca lebih menarik membacanya. Kunjungi juga blog saya https://nordiananatasyacom.blogspot.co.id/?m=1

    BalasHapus